Uncategorized

[My Daily Message on WhatsApp] MENDESAK DIA MENJADI TUAN DALAM KITA


“Tetapi mereka sangat mendesak-Nya, katanya: “Tinggallah bersama-sama dengan kami, sebab hari telah menjelang malam dan matahari hampir terbenam.” Lalu masuklah Ia untuk tinggal bersama-sama dengan mereka” (Luk. 24:29)

Setelah hampir tiga setengah tahun menikmati penyertaan Tuhan secara lahiriah atau secara fisik, dalam Alkitab ada catatan satu titik dimana murid-murid merasa kehilangan harapan, kehilangan sukacita, kehilangan Yesus yang selama ini mereka lihat. Hal ini terjadi setelah Tuhan Yesus mati di kayu salib. Meskipun secara fakta mereka telah mendengar perkataan Tuhan bahwa Dia akan bangkit, bahkan perkataan ini sampai tiga kali diucapkan-Nya (Mat. 16:21-27; Mat. 17:22-23; Mat. 20:17-19) mereka tetap saja merasa Tuhan telah tiada. Lukas pasal 24 ini menunjukkan bagaimana dua orang murid dalam perjalanan ke Emaus membicarakan Yesus yang telah mati tersalib, namun tidak menyadari kehadiran Yesus dalam perjalanan itu. Mereka tidak mengenal persona Yesus yang telah bangkit.

Penyebab mereka mengalami satu kondisi kehilangan penyertaan Allah adalah mereka tidak membiarkan firman atau perkataan Tuhan itu menjadi iman di dalam mereka. Bahkan di ayat 27 Yesus telah menjelaskan seluruh kitab suci, namun mereka tetap saja tidak paham Dia Sang Kebangkitan itu. Saudara-saudari, adakalanya kita seperti mereka, apakah ketika dalam kondisi seolah-olah tiada harapan, kita sadar Kristus sang Persona Kebangkitan itu sedang berjalan bersama kita? Kondisi yang membuat dua murid itu menyadari bahwa Kristus yang bangkit itu sedang bersama mereka adalah dalam ayat 29 mereka mendesak Dia untuk tinggal bersama mereka, dan ketika Dia memecahkan roti, mereka sadar itu Tuhan. Untuk mengalami Dia sang Kebangkitan, desaklah Tuhan, paksalah Tuhan untuk berumah dan menjadi tuan yang memecahkan roti dalam hidup kita. Niscaya, Dia pasti membawa kita melihat dan mengalami kebangkitan itu.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s