Uncategorized

Belajar Pemrograman : Mendayagunakan Logika


 

BELAJAR PEMROGRAMAN: BELAJAR MENDAYAGUNAKAN OTAK SECARA BENAR

(oleh: Yeremia Alfa S.)

 

Pola Pikir Manusia

Berpikir adalah suatu hal yang sangat mendasar dalam kehidupan manusia. Tanpa berpikir tidak akan ada dinamika dalam kehidupan ini. Hal yang paling simpel namun sangat vital adalah bernafas. Meskipun secara biologis tubuh kita akan otomatis melakukan ini, namun tanpa adanya proses berpikir, sistem pernafasan tidak akan berjalan, faktanya, sistem pernafasan memiliki hubungan dengan sistem koordinasi tubuh yang dibawahi oleh otak dan sumsum tulang belakang.

Berpikir yang harus kita terapkan adalah berpikir secara logis. logis berarti memiliki urutan atau rangkaian pola pikir yang tepat. Misalnya saja ketika kita mau menulis, logisnya yaitu kita siapkan terlebih dahulu peralatan untuk menulis. Inilah maksudnya berpikir secara logis. Mendayagunakan otak secara benar adalah mengoptimalkan seluruh fungsi dari otak dengan pola/ teknik berpikir yang benar, artinya berpikir secara rasional/ logis/ masuk akal. Contoh lain berpikir secara logis misalnya seorang dari Jakarta mau menuju ke Surabaya, maka ia berpikir ia harus ke bandara dan memilih pesawat jurusan Jakarta- Surabaya. Jadi tidak perlu ke bandara lalu memilih pesawat jurusan Jakarta- Sorong lalu transit di Sorong dan memilih jurusan Sorong-Surabaya. Memang ini tidak ada salahnya, namun jika dipikir secara logis jika dari Jakarta saja ada jurusan ke Surabaya, mengapa tidak?

Belajar pemrograman? Pemrograman adalah suatu teknik yang dibuat manusia untuk menyelesaikan suatu permasalahan secara efektif dan efisien. Program sendiri yaitu sekumpulan instruksi yang disusun sedemikian rupa sehingga logis/memiliki urutan pemikiran yang tepat, yang hasilnya mampu memecahkan masalah/ memberikan informasi. Biasanya untuk menjadi seorang Programer diperlukan suatu pembelajaran dari dasar, supaya program yang nantinya akan dibuat benar-benar memiliki ‘kekuatan’ untuk memecahkan masalah.

Pemrograman adalah implementasi pola pikir manusia yang logis

Ketika manusia sudah berpikir secara logis, maka akan mudah untuk mengimplementasikaan pola pikir ke dalam suatu barisan perintah program. Mengapa program harus disusun sedemikian logis? Biasanya untuk mengimplementasikan program, kita menggunakan komputer. Komputer bukanlah manusia dan memang manusia juga bukan komputer. Ketika komputer menerima perintah yang tidak logis, maka komputer tidak akan bekerja secara benar. Jadi ketika kita berkomunikasi dengan komputer maka kita harus membuat suatu pola pemikiran yang logis.

Contoh permasalahan:

>> Program untuk menghitung luas persegi. Program diulang 3 kali

 

>> Logika

  • Inputkan Panjang dan Lebar

  • Nilai ulang = 1

  • Hitung Luas = panjang * lebar

  • Nilai ulang = Nilai Ulang + 1

  • Output Luas

  • Jika nilai ulang <= 3 maka akan mengulang perintah di atas

  • Jika nilai ulang >3 maka program akan berhenti

Contoh di atas sangatlah jelas bahwa pola pemrograman terstruktur sangat menyiratkan pola logika yang jelas dah harus tepat.

Dengan tuntutan yang sedemikian dari komputer, untuk berpikir secara logis, maka belajar pemrograman haruslah belajar berpikir secara logis. [Y@$]

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s